Trend batik

Sadar ga kalau batik kembali trend?

 ini tentu berita menggembirakan. Hingga saya menjadi penasaran, sesungguhnya siapakah sosok yang berhasil menghidupkan kembali batik Indonesia. Hal ini makin terlihat saat artis-artis kita semakin banyak yang menggunakan batik untuk menghadiri banyak event.
Seperti acara yang saya hadiri kemarin minggu, acara  bertema “forward moving” yang diadakan oleh Ikatan Sekretaris Indonesia menggunakan dresscode batik untuk para undangan. Dari situ saya melihat banyak sekali aplikasi batik untuk dunia fashion.

Hal ini tentu menjadi pertanda baik disaat semakin banyak budaya kita yang terlupakan hingga diakui oleh bangsa lain. mengingat batik merupakan budaya asli bangsa kita dimana setiap daerah memiliki corak batik yang khas. untuk lebih mengetahui tentang batik mungkin dapat dibaca disini.

Dulu, batik dianggap sebagai sesuatu yang kuno. Yang cocok memakai batik dalah ibu dan bapak kita. Namun hal ini rupanya telah ditanggapapi oleh para pebisnis. Batik modern untuk kalangan muda menjadi titik fokus produksi.

Karena itu, mari kita melestarikan batik kita dengan bangga memakai batik.

 

21 thoughts on “Trend batik”

  1. ah, biar lebih afdol, saya mau kasih ide kepada perancang para perancang. aplikasikan motif batik pada: celana dalam, bra, bikini, sepatu, tas, boks kosmetik, mobil, dinding bangunan, grafir kaca, dsb…

    batik penuh pesona!

  2. Setuju …
    Batik waktu itu saya pernah lihat di pakai … 5 Wanita …
    (Iga, Nina tamam, Yuni Shara, Andin, Rieka Roeslan) aduh bagus sekali …

    salam kenal

  3. hmm…batik… saya ga pernah pake, tapi kalo dipikir-pikir..okelah secara saya juga orang indonesia asli yang tak luput dari kebudayaannya (hayah!)😀

  4. batik is the music of my country….

    * eh…salah yah?

    ada pengaruh ama pengrajinnya ndak? karna aku liat di tipi para pembuat batik banyak yang masih hidup di bawah garis kemiskinan…
    ironis memang…

  5. batik…menurut gw zh…itz traditional fashion.but itz nit very famouz gt…
    tp gw ttp support batiknya indo…

    good luck about fashion in indonesia…………..!!!!!!!!!!!!

  6. Batik itu eksotic, sexy, meski banyak yg ‘telat’ sadar, ya lebih baik lah, dari pada engga. sama sekali…

  7. Setuju sekali batik kembali “on” di Indonesia. Tapi apakah orang Indonesia bisa PD memakainya di acara resmi luar negeri. Saya share aja pengalaman, saya presentasi tentang kerjaan di USA. kebetulan di course itu juga ada orang indonesia yang mengikuti conference lain. Karena kami dari kalangan field engineer maka pakiannya pun beragam. Saya mencoba presentasi pake Batik Purworejo yang hampir “punah” dan salah seorang teman Indonesia memandang saya dengan anehnya dan mengatakan, kok pakai batik sih? sementara banyak teman teman yang lain di course tertarik tentang batik dan memuji karya orang indonesia, kenapa sih masih ada orang yang malu memakainya sebagai simbol budaya bangsa?semoga menjadi renungan buat yang lai.

  8. wah…. aku suka banget batik! pokoknya forever batik deh!
    miris denger sharing mas tephy yg presentasi di USA! Kasian yah, bangsa sendiri menghina hasil kriya bangsanya! Giliran dah diklaim negara lain, ribut deh kayak cacing kepanasan!
    Thn 2009 ini Program Kampanye Aku Cinta Indonesia loh….! Pas banget buat kita2 mempromosikan hasil karya dalam negeri dgn menggunakan berbagai produk asli Indonesia!

Tinggalkan Balasan

