Nabung buat apa siy?

untuk yang bingung nabung itu buat apa…

Buat yang baru menerima status sebagai pekerja, kadang bikin hawa nafsu belanja berubah jadi stadium 4, terutama menuju tanggal “muda“. Gajian belum ditangan, bayangan alokasi gajian uda ada dalam rencana rangkap 4.

Tapi tau gag siy ternyata selama ini kita salah langkah??
menurut buku “belajar Finance dari Belia” karangan Bpk. xxxx (segera saya update setelah buku itu kembali dari teman kantor saya), setiap menerima gajian tuw yang paling pertama harus kita lakukan yaitu:

 

1.INFAQ
atau untuk umat kristiani dikenal dengan persepuluhan. Setelah infaq, baru tuw duit bener-bener hak kita.

2. TABUNG
Setiap bulan harus kita target mau nabung berapa. Setelah itu baru:

3. PENGELUARAN BULANAN
Baru ney kita bisa pakai duit gajian kita buat pulsa, beli baju, jalan-jalan, nonton, nyalon.

4. Investasi
kalau masih ada duit sisa baru bagian ini yang digunakan buat investasi.

 

Nabung tuw buat apa?

ini ney pertanyaan sahabat saya siy pipi. Dia bingung dia nabung buat apa. Jadinya setelah terkumpul pundi-pundi rupiahnya, dia bingung antara beli laptop, motor, tivi, E71, dll

jadi, gini ney langkah2 buat pastiin mau beli apa…
1. Tujuan loe apa?
Ney slogan yang biasanya dipake mbak Ligwina kalo ada orang konsultasi masalah uang ma dia. Dari slogan itu mbak Ligwina bikin web http://tujuanloapa.com . Pastiin tujuan kamu nabung tuw apa.
Misal:

Kamu mau nikah berapa tahun lagi?
nikah ntar pake duit sendiri apa orang tua?
mau nikah di gedung plus catering apa di masjid cuma makan soto aja? Uda punya rumah sendiri belum?
Kalau udah disediain orang tua yang lewatin aja nomer yang ini.
2. need or want?
bikin list barang-barang yang pengen dibeli. Trus klasifikasiin itu barang-barang termasuk need atau want. Misal pingin beli hape, pastiin dulu kamu beli hape yang dibutuhin tuw fasilitas apa aja. Kalau buat sms, telp, chatting, mp3-an, gag perlu beli yang model blackberry kan?
jadi gag perlu beli E71 atau G900. (buat yang uda pake G900 yaudah gapapa, buat kamu semuanya boleh deh,,wehehehehe).
Mau beli laptop? bukannya uda dapet dari kantor? jadi buat apa beli lagi?

3. Investasi
Setelah ditentuin mau investasi jangka pendek atau jangka panjang, pilih produk yang sesuai. Inget, semua investasi tuw ada resikonya, jadi kudu pelajari produk invesastasi yang kamu pengen. Jangan maen ikut-ikutan ma temen.
Buat jangka panjang, kamu bisa pilih semacam reksadana. Reksadana juga ada macam-macam (ntar aku postingin deh).
Kata orang jangan beli reksadana gara-gara inflasi lagi gag jelas??
Nah, karena banyak bule jual saham buat nyelamatin aset di negaranya, ini malah kesempatan bagus buat beli saham-saham perusahaan besar di Indonesia. Minimal beli saham ini 25 jutaan (Bener gag?). Lihat track record penjual reksadana ini. Yang ngejalanin duit kita bagus gag keahliannya?
Trus juga dana pensiun. Tahu gag siy berapa duit yang kita butuhin buat pensiun?
misal umur sekarang 25 tahun. Pensiun umur 55 tahun (jadi 30 tahun lagi). Anggap qt dapet tiket hidup ampe umur 85 tahun. Biaya hidup sebulan saat ini anggap 2juta rupiah. Jadi, biaya hidup untuk pensiun 30 tahun lagi tuw Rp. 34,898,804.54 (sesuai dengan inflasi). Trus total biaya pensiun sebesar Rp. 9,441,819,794.80 (bisa dicoba disini). Banyak banged kan? makanya mulai sekarang doa dapet anak solehah yang mau nampung orang tuanya kelak. wehehehe

Trus kalau mau investasi jangka pendek, bisa pilih deposito. Ini juga lagi bagus sekarang. Gara-gara banyak orang ngambil duitnya dalam jumlah besar (akibat inflasi juga), jadi bank lagi jor-joran ngasih bunga tingggi buat orang yang mau deposito. Buat deposito dibawah 100 juta siy rata-rata bunganya 6% – 7% per tahun.

Tapi buat kamu-kamu yang punya skill bisnis, mending duitnya diolah sendiri. Untung yang didapet lebih besar, tapi resikonya juga besar kan.

Berhubung ney kata-kata orang yang gag ngerti apa-apa, jadi harap maklum aja klo banyak yang kurang bener. Ney juga hasil nanya-nanya, bukan 100% pendapat pribadi.

Yuk nabung yuk ………………..

Bukan golongan laskar pelangi..

ngelakuin sesuatu tuw kudu dipikir dulu,,
Kita uda biasa denger nasihat itu yah. Tapi tetep, ada suatu hal yang kadang kita lakukan tanpa memikir dua kali. Seperti kemaren saat mendapat kabar lowongan di salah satu BUMN di jakarta, saya langsung isi aplication. Toh lewat internet, tinggal isi trus send. Beres.

Tapi akibat yang dimbulkan dari langkah tanpa dipikir itu bikin saya seharian bimbang. Kemarin pengumuman lolos interview dimuat. Ternyata eh ternyata, interview dilakukan minggu pagi jam 8. Oke, begini rencananya, melihat tiket pesawat on-line rata2 400ribu, berarti pulang pergi 800 rb (gag mungkiiiin,,, bulan ini banyak yg minta traktiraaaan,,mana yg minta traktiran tega banget gag mw ditempat yang agag muraaah…siapa siy yang bikin sejarah pertama kali kalo tambah tua tuw kudu makan2,,kenapa gag sholat bareng baca doa aja,,hehehe). Berarti naek kereta ntar ke Jakarta. Kalau naik kereta, berarti nanti sore harus berangkat, sampai Jatinegara Sabtu pagi,,trus minggu sore setelah interview pulang,,senin pagi nyampe Surabaya langsung ngantor..fiuh

Masalah kedua,,berarti jika Jumat sore berangkat, jumat siang saya harus selesai melegalisir Ijazah lulus, legalisir transkip nilai, ke rumah sakit bikin surat keterangan bebas narkoba, ke kantor polisi bikin surat keterangan berkelakuan baik,,,huaaaaa

Belum-belum sudah ngeluh yah..

Mmm,,mungkin buat memantapkan hati saya, saya buat saja list untung rugi antara Jakarta Surabaya

jakarta

 

 

“Da..risda…..masih interview aja uda pusing,,belum tentu juga keterima”

Yang jadi masalah, orang nomer 1 di BUMN itu ayah sahabat baik saya. Jika saya lulus tes yang pertama secara murni, dia janji bisa bantu saya lolos (weeeeeitz,,KKN ney,,tapi ya ini Indonesia tercinta kita sobat..). Apalagi sahabat saya sudah mengabari jika nama saya masuk priority,,gag bisa main-main ney..Berarti dari awal saya harus membulatkan tekad goes to Jakarta!!

Sayang seribu sayang, saya bukan golongan laskar pelangi yang berjuang hingga ke universitas Sorbone. Udah dapet kemudahan kerja pun masih bingung. Kelewatan banget yah saya ini. Kost dapet kemudahan di rumah sahabat, apalagi dia mau bangun rumah di belakang Trans Tv yang bakal ditempatin ama kita berdua aja, katanya saya patungin bayar listrik aja..Kurang enak apa coba??

Yang jadi masalah, saya gag mau jadi parasit yang manfaatin temen banget. Bolehlah kita saling berbagi keuntungan, tapi bukan jadi parasit dong..

yang saya inget pesen temen-temen:

kakak banget said : ” setiap orang tuw uda punya takaran rejekinya masing-masing,,tinggal gmn qt mau berusaha,,buat aq, Jakarta terlalu crowded,,gag cocok”

si urang banjar : “meskipun cuma temen ym an, tapi ulun tau pian tuw manjanya kelewatan. Makan aja minta diambilin. Pian sanggup ta mandiri?”

si gendut : “maju tuw gag kudu di jakarta,,surabaya juga bisa.”

si pipi said : “terserah mimi mau jadi ibu rumah tangga ato wanita karier?”

mama sai: ” ya terserah, kalau qm pengen ya mama dukung aja. Mama juga pengen liat qm maju” << ngomong gini tapi rautnya sedih..

si mardorcel said : “bodho qm dek, kesempatan kok disia-siain..dzalim qm itu..”

Okeh, keputusan final saya: TETAP DI SURABAYA.. ama nerima-nerima proyek renovasi lah ntar..menurut kalian aq bodho gag? buang-buang kesempatan gag?

buat sahabat saya: Aq bukannya gag tw terima kasih, tapi gag tega ninggal mama.Gag mau juga jadi benalu.. Lagian Jakarta lebih enak dijadiin tempat jalan-jalan dan bersenag-senang daripada tempat nyari uang..Tahun depan wae lah aq nemenin qm singapurna,,nunggu NPWP jadi biar free viskal,,hehe,,Nginepe dirumah sodaramu kan?hehehe,,skalian lewat batam ae,,hehehee
miz u,,kapan ke SBY?

Kriteria suami ku ???

Gimana siy kriteria suamimu?

Pertanyaan ini sering saya terima. Kalau dipikir-pikir, kriteria cowok yang ingin saya jadikan suami adalah “baik dan bertanggung jawab“. hehehe kelihatannya begitu naif kan?  Suami yang baik dan bertanggung jawab akan mampu menjadi imam untuk keluarga. Akan bekerja dengan giat untuk mencari harta halal (yang melimpah,,amien,,).Suami yang bertanggung jawab pasti tidak akan membiarkan anakku besok cuma minum air tajin atau air kacang hijau karena tidak mampu membeli susu formula. Akan berusaha agar kelak anaknya sekolah bukan di sekolah inpres. Tidak akan membiarkan anakku malu karena mendapat panggilan membayar tunggakan uang sekolah. Suami yang baik dan bertanggung jawab tidak akan tega melihat istrinya mulai kucel karena telat facial atau creambath, dan tidak akan tega menghianati cinta suci ku dengan sekretaris perusahaan atau para gadis penjual produk bank yang menggunakan profesionalisme (berbalut rok mini) yang berlebihan agar target bulan ini terpenuhi. Karena itu, suami ideal buat saya adalah pria yang baik dan bertanggung jawab.

Setelah menikah ingin jadi ibu rumah tangga apa tetep kerja?

 Yang pasti saya ingin memiliki penghasilan sendiri. Kalau cuma jadi ibu rumah tangga, tau gtuw saya beli ijazah palsu aja, gag usah susah-susah kuliah. Bukan saya tidak yakin dengan penghasilan suami, tapi biaya pendidikan sekarang mahal banget. Fyi, biaya sekolah anak bu R yang kelas 1 sd di sekolah international Ciputra sebulannya setara dengan sebulan gaji saya. (uhuk uhuk,,,maav ya nak, bunda gag sekolahin kamu disana besok..***sambil pegang perut***). Saya juga gag mau dibilang istri yang jago ngabisin duit suami (meskipun saya berpendapat, makin saya jago ngabisin duit suami, bukankah makin semangat suami bekerja mencari uang lagi dan lagi??). Tidak masalah kerja dikantor atau bikin usaha dirumah. Saya yakin cara pandang seorang ibu rumah tangga akan berbeda dengan ibu pekerja. Jika memiliki penghasilan sendiri, saya merasa harga diri saya lebih tinggi sedikit dibanding saya hanya menjadi ibu rumah tangga saja.

Saya gag menginginkan suami setampan primus karena sata yoh gag secantik jihan fahira.

Ga menginginkan suami pemilik kerajaan perkapalan karena toh saya bukan cucu pewaris hilton group.

Ga menginginkan suami sealim  aa’ Gym karena saya yakin gag bisa seihklas teh rini saat dimadu.

ohya, saya bukannya anti polygami, tapi saya lebih memilih dicerai daripada dimadu. Mungkin saya akan menggunakan perjanjian pra-nikah seperti yang pernah ditulis margie, yang isinya antara lain:
1.Perincian harta terpisah

2Aturan perselingkuhan/kawin lagi/kawin kontrak/diceraikan secara paksa:

a.75% dari bagian harta terpisah itu akan menjadi milik pasangan jika pemilik harta berselingkuh/kawin lagi/kawin kontrak/menceraikan secara paksa

b.Mandul/impotensi/ejakulasi dini dan disfungsi seksual tidak bisa menjadi alasan valid untuk perceraian/pernikahan kedua/selingkuh (dan perceraian/pernikahan kedua/selingkuh dengan alasan tidak valid mengacu ke poin 2.a)

c.Alasan valid untuk perceraian/pernikahan kedua/selingkuh: KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), pembohongan/pemalsuan terhadap hasil tes screening kesehatan pra nikah, terlibat tindakan criminal terhadap anggota keluarga.

3.Hak pengasuhan dan biaya pendidikan anak. Pihak yang berselingkuh tidak berhak menentukan hak asuh anak.

4.Poin berikut diskusikan lebih lanjut


Jangan takut melakukan perjanjian pra-nikah jika kita dapat menjadi pihak yang setia. Perjanjian pra-nikah akan memperkuat ikatan suami-istri sehingga akan berpikir ulang saat ingin melakukan yang macam-macam. Karena buat saya (belum tentu buat perempuan lain sama kan?) poligami hanya menguntungkan pihak laki-laki. Kita sebagai pihak perempuan yang menerima akibatnya. Selain secara mental hati tercabik-cabik, perhatian terhadap keluarga terbagi menjadi shift-shift bergiliran, pemasukan keluarga pun terpecah menjadi 2 cabang. Ya Allah, jauhkanlah aku dari lelaki sedemikian..amin..

Dengan ini saya menyatakan tidak akan bersedia berbagi suami dengan siapapun. Buat kamu dimanapun yang beruntung ditakdirkan berjodoh denganku harap membaca postingan ini, insayaAllah saya bisa menjadi seperti yang kau inginkan. Dan hai kalian mayangsari-mayangsari yang berkeliaran dimuka bumi, jangan mencoba bermain api dengan saya yah!!