tarawih 11, 13 , 23 atau 39 rakaat

Kajian ramadhan #1

ini merupakan isi kajian grup syameela.


☆┈»̶•̵̌✽ஜ🍥❄🍥ஜ✽•̵̌«̶┈☆
—————————-
(KIS) Kajian Islam Syameela
—————————-

•| *Spesial Fiqih Romadhon*

🌸🕸🌸🕸🌸🕸🌸🕸

Ustadz … Mau Tanya_ *Bagaimana cara melaksanakan sholat tarawih yang sesuai sunnah Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam; 11 , 13 atau 23 rokaat ?*

✅ Para ulama’ berselisih pendapat antara yang menyatakan bahwa jumlah rokaat sholat tarawih 11 – 13 rokaat dengan yang menyatakan 23 rokaat. Ketahuilah akhil Muslim bahwa _*semua pendapat tersebut memiliki dalil dari nash-nash yang shohih & shorih dan dikuatkan pula oleh para ulama’ baik salaf maupun kholaf*_. Bahkan dalam shohih fiqhis sunnah Imam Malik menyebut 39 rokaat & ini juga didukung dengan hadits yang shohih.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan :

“Shalat malam di bulan Ramadhan tidaklah dibatasi oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan bilangan tertentu. Yang dilakukan oleh Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam adalah beliau tidak menambah di bulan Ramadhan atau bulan lainnya lebih dari 13 raka’at, akan tetapi *shalat tersebut dilakukan dengan raka’at yang panjang* …
Barangsiapa yang mengira bahwa shalat malam di bulan Ramadhan memiliki bilangan raka’at tertentu yang ditetapkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam , tidak boleh ditambahi atau dikurangi dari jumlah raka’at yang beliau lakukan, sungguh dia telah keliru”.(Majmu’ Al Fatawa, 22/272)

Maka_ harapan kita bersama adalah hendaknya setiap muslim bersikap arif dan bijak dalam menyikapi permasalahan ini. Sungguh tidak tepatlah apabila sebagian saudara kita yang berpisah dari jama’ah shalat tarawih setelah melaksanakan shalat 8 atau 10 raka’at karena mungkin dia tidak mau mengikuti imam yang melaksanakan shalat 23 atau 39 raka’at atau dia sendiri ingin melaksanakan shalat 23 atau 39 raka’at di rumah.

Ketahuilah akhil muslim bahwa orang yang keluar dari jama’ah sebelum imam menutup shalatnya dengan witir juga telah meninggalkan pahala yang sangat besar. Karena jama’ah yang mengerjakan shalat bersama imam hingga imam selesai –baik imam melaksanakan 11 atau 23 raka’at dsb- akan memperoleh pahala shalat seperti shalat semalam penuh. Rosul bersabda :

“ Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh .” (HR. Ahmad dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ 447 mengatakan bahwa hadits ini shahih ).

✴ Catatan :

➖ _Yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam melaksanakan sholat tersebut tidak boleh terburu-buru baik pada jumlah rokaat yang 11 ,13, 23 atau 39. Hadirkan *thuma’ninah* padanya._

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻃُﻮﻝُ ﺍﻟْﻘُﻨُﻮﺕِ

“ Sebaik-baik shalat adalah yang lama berdirinya. ” (HR. Muslim)

Wallahu a’lam.

🌸🕸🌸🕸🌸🕸🌸🕸
➖➖➖➖➖➖➖➖
☝SYAMEELA : Deliver The Truth Of Islam

Ajak Keluarga & Sahabat Bergabung :

📱Telegram Channel : @Oemita_Syameela ▶ KLIK : https://goo.gl/tnoGcI

👥 Grup WA :
    🔹081316000619 (ikhwan)
    🔹0811188734   (akhwat)

💥Website :
      http://www.syameela.com
جزاك الله خيرا
بارك الله فيك
〰〰〰〰〰〰〰🔑

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s