Jelajah semarang dalam 1 hari

Weekend ini berkesempatam ngintilin suami dines lagi.. ceritanya dia lagi ada rapat di Semarang, berangkat jumat pulang Sabtu. Berhubung si ayah tau kalau istrinya belum pernah ke Semarang, jadilah nawarin mau nyusul apa ga. whatttt…ditawarin mah pantang ditolak yaa.. 

Galau pertama bingung milih naik kereta eksekutif atau ekonomi. Awalnya pasti mikir naik exe aja biar nyaman. Tapi disaranin ama teman kantor naik ekonomi aja karena ekonomi sekarang ada ac dan bersih. Sambil baca bismillah booking deh tiket ekonomi Surabaya-Semarang kereta Maharani di web booking.com . Harga tiketnya 49rb (dibanding harga tiket exe nya 370rb) . Booking langsung 2 tiket buat hawi sama kahfi, karena si ayah naik pesawat ngejar rapat pagi. Enaknya kereta sekarang itu uda bisa booking seat segala. Jadi bisa pilih seat yg isi 2 biar ga sebelaham ama orang lain. 

Kesan pertama naik kereta Ekonomi maharani ini : Nyaman! keretanya bersih, bangkunya juga bersih, per gerbong ada 6 ac split jadi adem. Kahfi bisa tidur nyenyak dikereta deh. 

Ini pergi berdua naik kereta pertama buat aku. Namanya was-was selalu ada ya. Jadi biarpun mata ngantuk, diusahain ga tidur deh. 

Awalnya mikir, ntar harus sering2 cek map buat liat uda sampai didaerah mana, biar ga keblablasan. Ternyata tiap mau berhenti di suatu stasiun ada pemberitahuannya kok. Salut sama KA sekarang yang oke. 

Sampe Semarang tawang pas sesuai jadwal jam 10.30 wib. Berbekal googling berhari-hari sebelum berangkat, diputuskan setelah sampai Semarang Tawang mau ke Gereja Bledung aja naik becak. Jarak tujuan kurleb 500 meter, si bapak becak pasamg tarif 15rb, yauda langsung naik aja karna ga ada niat nawar. Dan ini pertama kalinya Kahfi naik becak, hehehhe seneng banget tuh 

Sampai di taman srigunting depan Gereja bledug, ternyata tamannya cuma kecil. Foto-foto bentar uda bosen. Cek google ternyata Semarang Lama jaraknya cuma 500 meter dari lokasi ini. Yauda lah ajak si Kahfi jalan kesana. Untungnya si bocah ini lagi pinter, ga minta gendong kaya biasanya. Jalan belum lama kok berasa panaaas banget Semarang yah..kasoan si bocah..emaknya juga bingung. 

Yasudah coba cek map buat destinasi berikutnya yang paling bikin ibunya kemecer, apalagi kalau bukan Semarang Plaza tempat Sango keramik dining set. Dan ternyata yaa, alhamdulillah ada aplikasi ini, cek gojek ke Semarang Plaza itu cuma 4rb, dan diskon 50% kalau bayarnya pakai gopay. jadi cuma 2rb perak! 

Berkat aplikasi gojek ini ga bingung mau muterin Semarang ya.. bayanging ongkosnya ga sampe 5rb, tinggal kasih tips tambahan kalau ga tega cuma bayar 2rb hehehe

Sampe di Semarang plaza, disini ada 3 toko yang jual keramik dining set, masuk aja ke semua toko buat liat2 sebelum memutuskan beli. Toko yang aku suka yang kiri dari pintu masuk. koleksinya lengkap harganya masuk akal. Dari awal emang uda nyiapin budget buat beli dining set ini. Liat aja gimana ga ngiler coba

Ternyata 1 dining set itu kerdusnya lumayan gedhe. Awalnya pengen beli 2 set batal sudah, abisnya ntar balik surabaya naik kereta lagi, gimana bawanya coba. Yauda diputusin belu 1 set dulu aja, ambil yg warna biru klasik, uda ngincer dari lama. 1 set isi 16 peralatan ini harganya 380rb, murah banget, dipasaran uda 500rb keatas. Seneng bangettt uda dapet ini. 

Kelar belanja sango, mau mampir hotel Gumaya tempat kita nginap hari ini buat nitipin ney sango, daripada ribet dibawa kesana kemari. Langsung aja order gojek dan ongkos resminya cuma 4rb!

Makan siang pun uda aku tentuin dari awal. Yaitu mau makan soto bangkong. Liat dari foto-fotonya kayanya enak banget. Apalagi ada macem2 sate pendampingnya. 

Sotonya bening, ga kaya soto di Surabaya. Isinya ada ayam dan soun, ampir sama siy ya. Untuk 1 porsi nasi soto bangkong+1 sate ampela ati+ es kelapa muda bayatnya 39rb.

Kelar makan uda jam 13.00 berarti jumatan uda kelar, lanjut pengen ke Masjid Agung Jawa Tengah, jaraknya lumayan jauh, tapi cek gojek ongkosnya cukup 4rb rupiah.

Semarang yang lagi panas-panasnya, sampai masjid agung, keramiknya panass bukan main. Harus lari gara2 ga kuat ama panasnya. Yang namanya masjid agung itu setiap daerah punya khas nya masing-masing. Sayang payung dihalaman masjidnya ga dibuka. Subhanallah begitu masuk masjid ternyata hujan deras, bikin hawa adem. Bikin punya alasan duduk lama didalam masjid. Kalo kahfi mah ga biaa duduk diam ya..maunya ujan-ujanan kaya anak anak diluar masjid. 

Alhamdulillah 10 menit hujan uda reda. Mau ajakin kahfi naik menara didekat masjid bisa terlaksana. Masuk menara ini cukup bayar 7rb, dibawah 3 tahun gratis, jd kahfi belum bayar deh. Uda kepikiran gimana kalau si kahfi takut pas lihat kebawah ya. Ternyata yang ada malah kahfi ga mau diajak pulang. Minta diatas terus.

Puas lihat-lihat dari atas, mumpung masih jam 14.30an sore, langsung aja order gojek lagi buat minta diantar ke lawang sewu. Lha kok begitu nyampe Lawang sewu ney bocah uda tidur. Capek kali yaaa daritadi jalan.

Ga tega buat bangunin, yauda ga pake masuk lawang sewu order gojek lagi buat balik hotel. Ternyata begitu masuk hotel ney bocah malah bangun. 

Kaki uda pegeeeelll seharian jalan. Yang gedhe aja berasa pegelnya apalagi yang bocah yaa. Thanx to ayah uda milihin hotel enak, buat ngurangin pegel, ajak kahfi berendam air hangat aja dikamar mandi. Aduhhh nikmanyoo.. anak dan emak senang.

Malem sesuai keinginan suami, mau ngajakin istrinya makan di bakmi jawa nya pak dhoel numani, siy ayah sering cerita makan disini kalo ke Semarang. Awal lihat porsinya cuma dikit, ternyata bikin kenyang juga. Sate uritannya top markotop. 3 bakmi nyemek+2 teh hangat + 8 sate uritan bayarnya 91rb

Bangun pagi, si kahfi uda nangis aja minta berenang. Padahal masih jam 6 pagi, mana semalam abis ujan. Pasti dingin ya. Penasaran sama kolam renangnya hotel gumaya ini, yauda berdua kahdi turun ke lantai 3 tempat kolam renang. Sepertinya gumaya ini konsepnya bukam buat family hotel ya, kolam renang nya biasa aja, apalagi yang bagian anak kecil. Jadi males ajak kahfi berenang , kahfi nya mah nangis batal berenang. Batal berenang, yauda ngebujuk nya pake berendam lagi dikamar mandi, heheheh ini mah aji mumpung aja yaa. 

(Bersambung nulisnya uda pegel) ūüėĀ

Ciputra waterpark

Weekend kemarin 12 noph’16 diajakin tetangga ikutan acara TK anaknya ke Ciputra Waterpark yang cuma 5 menit dari rumah. Sebenernya ini acara tahunan dan tahun lalu kahfi juga ikutan. Mumpung banyak temennya, ya yuuuk aja cuss ikutan. Apalagi kl acara gini harga tiketnya murah. Tahun lalu ibu+anak cuma bayar 40rb. Tahun ini naik 5rb jadi 45rb buat anak+pendamping. 

Murah bangettt kan dibanding harga normalnya 130rb untuk 1 orang. Yang namanya emak-emak emang ga bisa ngelewatin yg murah bin hemat gini. 

Jadi memang saat itu CW lagi bikin event buat TK se Surabaya (kl ga salah se Sidoarjo jg) makanya tiketnya murah gitu. Belinya pun harus lewat sekolahan ya, ga bosa beli ditempat sendiri. 

Tahun lalu kahfi cuma kecipak kecipuk naik ban karna ga bisa main wahana-wahana. masih umur 1 tahun kalau ga salah. 

Tahun ini uda minta sliding di selurutan dan bahkan yang paling tinggi pun ga takut. Mungkin ada 20x tuh kahfi minta naik. Mana disetiap tangga naik itu ada semprotan air bikin makin seru. Biar sudah gemetaran bibirnya keriput tanggannya ga mau diajak pulang. Tapi yang namanya bawa batita ya, ga bisa banyak foto apalagi area basah gini.. 

Beberapa tips buat yang mau ajak anaknya berenang:

1. bawa makanan minuman sendiri lebih aman, kaya di CW itu yg keliatan jualan mie instan dan mie cup instan, mending bikin sendiri dari rumah yaa…hemat bin sehat.

2. Kasih break anak buat keluar dari kolam, selain mengurangi kedinginan, sekalian ajak makan bekal dari rumah.Biasanya anak uda laper banget.

3. Jangan lepas pandangan dari anak. Yang namanya area bermain anak itu ramenya bukan main. Kemungkinan ada yang namanya tabrakan sama anak lain atau bahkan didorong-dorong. apalagi saat area bermain penuh, jangan pake disambi kegiatan lain.

4. Bawa perlengkapan mandi

5. Have fun!!

Keseruan Kebun Binatang Surabaya 

Jumat 4 Nopember 2016 kemarin ambil cuti kantor, janjian sama uti buat ajak Kahfi ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kahfi sudah pernah kesana tapi jaman masih setahunan, jadi mungkin sudah lupa ya. kalau ibu nya kahfi malah terakhir ke KBS jaman masih kuliah, 10 tahunan yg lalu..lamaaaaaaa…hehehe

Sengaja ke KBS weekday biar ga terlalu ramai pengunjung, biar bisa santai jalan-jalannya. Ternyata bener aja, lagi sepi banget malahan. Tiket masuk 15rb per orang, anak dibawah 85cm gratis, jadi kahfi masih gratis deh. Alhamdulillah irit..hehehe

Kesan pertama KBS bersih, banyak pohon-pohon jadi rindang. Tapi ternyara memang koleksi hewannya ga banyak. Jerapah cuma terlihat 1, zebra pun terlihat 1. Weekday ternyata ga ada pertunjukan gajah, padahal uda kebayang ngajak kahfi naik gajah. 

(Kahfi didepan kandang burung pelikan)

Untungnya koleksi monyetnya banyak yaa.. bisa jadi penghibur. Kahfi semangat lihatnya. Apalagi uti uda siapin beli kacang diluar KBS buat dikasih ke monyet, bener aja, langsung kumpul semua monyetnya minta dilempari kacang.

Malah banyak monyet yang nyebur ke kolam buat minta dilemparin makanan. Hari itu ternyata ada kunjungan anak SD, keinget dulu juga jaman SD kayanya pernah disuruh ke KBS buat nyatat semua keterangan soal hewan-hewan ya..

Sebenernya nampak beberapa permainan kaya atv gitu, cuma weekday tutup jadi ga bisa menikmati deh. Pertunjukan gajah pun cuma ada weekend, padahal uda penasaram kahfi naik gajah gitu berani ga ya. 

Ditawarin sama petugasnya naik perahu kayuh, cuma males banget ngayuhnya.. pegel pasti. Tapi karena sepi, ditawarin sama petugasnya buat dikayuhin, yauda mau deh biar kahfi seneng. 1 perahu gini bayarnya 30rb. Muternya ga jauh juga.

Kelar naik perahu kayuh, uti mau pulang duluan, mau lanjut ke pasar turi katanya. Kahfi belum mau pulang, yauda deh tawaf lagi ngelilingi KBS. Nyuruh kahfi jalan terus kok kasian ya, jadilah ibu gendong kahfi sampe kaki rasanya copot. hehe

Ternyata ada perahu lagi, yang ini pakai mesin. muat buat 20 an orang, tapi berhubung weekday lagi sepi jadi ga ada yang naik. Ditawarin naik ama petugasnya, ternyata mereka mau kok ngangkut 2 orang aja, daripada nganggur kali ya. pas tanya apa ga rugi kl cuma ngangkut 2 orang, mereka bilang kerugiannya ditutup pas weekend. bener juga, weekend pasti rame bener yang naik. Bayarnya 10rb/orang. Daripada pegel gendong kahfi yauda naik aja ya. Ternyata lebih seru naik ini, muternya lebih jauh, bisa lihat dari area depan sampai belakang KBS

(Cuma kita penumpangnya)

Si kahfi masih aja ga mau pulang, ibunya uda gempor. yauda ibu duduk biar kahfi lari-lari kesekitaran. 

Alhamdulillah akhirnya kahfi mau diajak pulang, langsung order grabcar buat pulang. weekday nya seruuuuu…