Tips dan Trik menghadapi Musim HUjan

1. Sedia Payung Sebelum Hujan
    Cuma, klo kamu naik motor, ya pakai jas hujan aja, kan susah nyetir sambil megangin payung. Bawa payung yang bisa ditekuk jadi kecil untuk ditaruh didalam tas. Kamu boleh siy bawa payung diameter 1 meter, asal ga merasa ribet. Atau biar lebih maksimal, bawa aja payung penjual teh botol. Semakin besar diameter payung yang kamu bawa, semakin kecil kamu kebasahan akibat hujan.

 

2. Biasakan pakai jaket
   Musim hujan seperti sekarang, membuat hawa semakin dingin (sedang adam semakin kepanasan..wkwkwkw). Perubahan cuaca ini yang kadang membuat badan kita menjadi kurang stamina sehingga rentan terkena penyakit. Karena itu, usahakan setiap keluar rumah mengenakan jaket. Biarpun sewaktu berangkat cuaca cerah ceria, tapi kita tidak bakal tahu kalau hujan turun tiba-tiba. Hujan-Hujan sekarang susah ditebak…

3. Berteduh Saat Hujan
  Akibat perubahan letak bintang kemuskus disertai pergesern arah angin muson barat dan timur, menyebabkan Surabaya yang berada di tepi pantai ria kenjeran, membawa angin pantai untuk berkunjung ke daratan. Karena itu, bila tidak sedang tergesa-gesa saat hujan dan angin datang, lebih baik berteduh ditempat yang ‘aman’. Jangan berteduh dibawah pohon, dibawah tiang listrik, apalagi buat kalian yang berada di Surabaya, jangan berteduh dibawah jembatan. Jembatan inspeksi senilai 22M yang baru dibangun saja bisa ambruk..
(miris banged liatnya..)

 

4. Jika terpaksa pulang saat hujan lebat, hindarai berada di sisi pinggir badan jalan. Konsisten berada di tengah jalan saja. Hal ini untuk menjaga kemungkinan pohon tumbang dan papan reklame ambruk. Puting beliungnisme benar-benar harus diwaspadai. Amati papan reklame yang berkonstruksi meragukan, dan pohon-pohon yang ditanam saat sudah besar sehingga akar pohon tidak terlalu kuat. Selain itu amati juga pohon-pohon yang sudah waktunya dimusiumkan. Kalau kejatuhan baliho caleg yang menggunakan strukur bambu siy ga sampaibikin nyawa melayang. Tapi kalau kejatuhan papan reklame dan pohon ????

 

5. Hindari Ngebut Saat Berkendara Dalam Hujan
  Seperti yang kita ketahui, hujan membuat jarak pandan makin terbatas. Buat kamu yang tidak bisa berkendara dibawah 60km/jam, sediakan saja google infra red untuk menambah jarak pandang. Ingat selalu slogan polisi ” jaga keselamatam karena keluarga anda menunggu dirumah”.

6. Cek kendaraan kamu
   Untuk jaga-jaga jangan sampai mogok sewaktu hujan. Jangan memaksakan motor/mobil kamu melewati area banjir 1 meter kecuali motor/mobil kamu termasuk kendaraan amphibi. Mungkin ini juga peluang buat kamu merancang motor/mobil dengan konsep roda berselaput kaki bebek. Selain mengungkan secara material karena belum ada pesaing, kamu juga akan mendapat pahala karena membantu korban banjir. Tapi, jangan lupa royaltinya yah!!!

7. Hati-hati buat kamu yang sedang dalam program diet!
  Hawa dingin membuat jaringan otak membeku. Sehingga saat kita membayangkan soto, bakso, mie ayam, dan sop konroe, otak tanpa berkoordinasi dengan hati yang paling dalam mengenai cita-cita langsing, langsung memberi respon perut untuk menabuh genderang, memerintah air liur untuk untuk mengucur deras, dan menghipnotis kaki untuk berjalan kearah penjual. Hal ini bisa dimaklumi bila anda memiliki hati nurani berlebih seperti saya. Buat saya, membeli semangkok bakso diwaktu hujan lebih dari sekedar urusan perut. Yang saya pikirkan tidak sedangkal itu. Saya khawatir, jika hujan lebat membuat pendapatan bapak penjual berkurang sehingga tidak bisa membayar uang sekolah anaknya bulan ini. Saya tidak mau disalahkan Jika terjadi kemunduran pada generasi muda bangsa ini!!

8. Yang terakhir, jangan lupa minum vitamin. Jangan remehkan sakit flu karena akan mengganggu rutinitas sehari-hari kita.

Semoga semua selalu sehat wal’afiat. Amien

Iklan

Nabung buat apa siy?

untuk yang bingung nabung itu buat apa…

Buat yang baru menerima status sebagai pekerja, kadang bikin hawa nafsu belanja berubah jadi stadium 4, terutama menuju tanggal “muda“. Gajian belum ditangan, bayangan alokasi gajian uda ada dalam rencana rangkap 4.

Tapi tau gag siy ternyata selama ini kita salah langkah??
menurut buku “belajar Finance dari Belia” karangan Bpk. xxxx (segera saya update setelah buku itu kembali dari teman kantor saya), setiap menerima gajian tuw yang paling pertama harus kita lakukan yaitu:

 

1.INFAQ
atau untuk umat kristiani dikenal dengan persepuluhan. Setelah infaq, baru tuw duit bener-bener hak kita.

2. TABUNG
Setiap bulan harus kita target mau nabung berapa. Setelah itu baru:

3. PENGELUARAN BULANAN
Baru ney kita bisa pakai duit gajian kita buat pulsa, beli baju, jalan-jalan, nonton, nyalon.

4. Investasi
kalau masih ada duit sisa baru bagian ini yang digunakan buat investasi.

 

Nabung tuw buat apa?

ini ney pertanyaan sahabat saya siy pipi. Dia bingung dia nabung buat apa. Jadinya setelah terkumpul pundi-pundi rupiahnya, dia bingung antara beli laptop, motor, tivi, E71, dll

jadi, gini ney langkah2 buat pastiin mau beli apa…
1. Tujuan loe apa?
Ney slogan yang biasanya dipake mbak Ligwina kalo ada orang konsultasi masalah uang ma dia. Dari slogan itu mbak Ligwina bikin web http://tujuanloapa.com . Pastiin tujuan kamu nabung tuw apa.
Misal:

Kamu mau nikah berapa tahun lagi?
nikah ntar pake duit sendiri apa orang tua?
mau nikah di gedung plus catering apa di masjid cuma makan soto aja? Uda punya rumah sendiri belum?
Kalau udah disediain orang tua yang lewatin aja nomer yang ini.
2. need or want?
bikin list barang-barang yang pengen dibeli. Trus klasifikasiin itu barang-barang termasuk need atau want. Misal pingin beli hape, pastiin dulu kamu beli hape yang dibutuhin tuw fasilitas apa aja. Kalau buat sms, telp, chatting, mp3-an, gag perlu beli yang model blackberry kan?
jadi gag perlu beli E71 atau G900. (buat yang uda pake G900 yaudah gapapa, buat kamu semuanya boleh deh,,wehehehehe).
Mau beli laptop? bukannya uda dapet dari kantor? jadi buat apa beli lagi?

3. Investasi
Setelah ditentuin mau investasi jangka pendek atau jangka panjang, pilih produk yang sesuai. Inget, semua investasi tuw ada resikonya, jadi kudu pelajari produk invesastasi yang kamu pengen. Jangan maen ikut-ikutan ma temen.
Buat jangka panjang, kamu bisa pilih semacam reksadana. Reksadana juga ada macam-macam (ntar aku postingin deh).
Kata orang jangan beli reksadana gara-gara inflasi lagi gag jelas??
Nah, karena banyak bule jual saham buat nyelamatin aset di negaranya, ini malah kesempatan bagus buat beli saham-saham perusahaan besar di Indonesia. Minimal beli saham ini 25 jutaan (Bener gag?). Lihat track record penjual reksadana ini. Yang ngejalanin duit kita bagus gag keahliannya?
Trus juga dana pensiun. Tahu gag siy berapa duit yang kita butuhin buat pensiun?
misal umur sekarang 25 tahun. Pensiun umur 55 tahun (jadi 30 tahun lagi). Anggap qt dapet tiket hidup ampe umur 85 tahun. Biaya hidup sebulan saat ini anggap 2juta rupiah. Jadi, biaya hidup untuk pensiun 30 tahun lagi tuw Rp. 34,898,804.54 (sesuai dengan inflasi). Trus total biaya pensiun sebesar Rp. 9,441,819,794.80 (bisa dicoba disini). Banyak banged kan? makanya mulai sekarang doa dapet anak solehah yang mau nampung orang tuanya kelak. wehehehe

Trus kalau mau investasi jangka pendek, bisa pilih deposito. Ini juga lagi bagus sekarang. Gara-gara banyak orang ngambil duitnya dalam jumlah besar (akibat inflasi juga), jadi bank lagi jor-joran ngasih bunga tingggi buat orang yang mau deposito. Buat deposito dibawah 100 juta siy rata-rata bunganya 6% – 7% per tahun.

Tapi buat kamu-kamu yang punya skill bisnis, mending duitnya diolah sendiri. Untung yang didapet lebih besar, tapi resikonya juga besar kan.

Berhubung ney kata-kata orang yang gag ngerti apa-apa, jadi harap maklum aja klo banyak yang kurang bener. Ney juga hasil nanya-nanya, bukan 100% pendapat pribadi.

Yuk nabung yuk ………………..

in memoriam, 5 years ago

Hari ini saya menghadiri acara seminar yang kebetulan diadakan di Kampus saya tercinta. Dan kebetulan saya melihat aktivitas ospek untuk mahasiswa baru. Hali ini membuat saya teringat akan peristiwa yang saya juga lalui lima tahun lalu.

Pada dasarnya kegiatan OSPEK memiliki tujuan mulia untuk mempersiapkan pelajar/ mahasiswa baru untuk memasuki lingkungan pendidikan yang baru dengan serangkaian kegiatan dan tugas-tugas melingkupi atribut yang harus digunakan.

Sebagai kampus dengan mayoritas penghuni berkelamin pria, kegiatan ospek yang dilakukan kadang terlihat seram. Apalagi jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri lain pada kota yang sama. Beruntung saat itu saya sedang membawa kamera, sehingga bisa mengambil beberapa gambar yang ingin saya bagi.

 Kalau tidak salah ini mahasiswa baru jurusan teknik informatika

 heheheh,,ney salah satu aktivitas OSPEK,,dijemur sambil pegang telinga

 

Begini tampak yang udah berasa senior,,

 

 

 

 

 

 

 Ney foto favorit saya, bumi ITS tercinta terlihat hijau,,

Pasar Malam,,

Sabtu lalu saya mendapat undangan dari salah seorang saudara untuk mampir kerumahnya, kebetulan saat itu sedang ada bazar rakyat atau ada juga yang menyebut sebagai pasar malam.

    

Yang saya rindukan dari suasana pasar malam adalah saat saya bertemu dengan semua tetangga yang pada hari biasa jarang kita jumpai. Selain itu saya menemukan banyak dagangan yang sudah jarang kita temui.

Si dedek ponakan saya sangat antusias pergi ke pasar malam. Dia sudah menggunakan kostum andalan yaitu jaket pink-nya. Dari sore si dedek sudah merengek minta keluar rumah, tetapi si mama yang kebetulan sepupu saya melarang dan menyuruh bersabar karena saya belum datang. Jadi pada saat saya datang, si dedek sudah menarik tangan saya untuk mengajak melihat pasar malam di depan rumahnya.

Putaran lap pertama saya gunakan untuk melihat-lihat dan mengincar stand-stand mana yang akan saya kunjungi. Ternyata belum tuntas satu lap, si dedek sudah merengek minta main pancing. Ahirnya kita berhenti menunggui si dedek main pancing dengan membeli rujak uleg. Untuk bermain pancing ini, si mama cukup membayar seribu rupiah dengan batasan sampai timba penuh berisi ikan. Setelah penuh satu timba, se dedek berhak memilih satu dari bermacam-macam hadiah yang ada. Ternyata si dedek memilih kembang api.

 

Selesai bermain pancing, si dedek minta naek kereta. Kalau yang ini si mama mengeluarkan dua ribu rupiah untuk tiga kali putaran. Benar-benar permainan murah meriah menarik. Benar-benar suasana yang akan selalu saya rindukan.

    

Trend batik

Sadar ga kalau batik kembali trend?

 ini tentu berita menggembirakan. Hingga saya menjadi penasaran, sesungguhnya siapakah sosok yang berhasil menghidupkan kembali batik Indonesia. Hal ini makin terlihat saat artis-artis kita semakin banyak yang menggunakan batik untuk menghadiri banyak event.
Seperti acara yang saya hadiri kemarin minggu, acara  bertema “forward moving” yang diadakan oleh Ikatan Sekretaris Indonesia menggunakan dresscode batik untuk para undangan. Dari situ saya melihat banyak sekali aplikasi batik untuk dunia fashion.

Hal ini tentu menjadi pertanda baik disaat semakin banyak budaya kita yang terlupakan hingga diakui oleh bangsa lain. mengingat batik merupakan budaya asli bangsa kita dimana setiap daerah memiliki corak batik yang khas. untuk lebih mengetahui tentang batik mungkin dapat dibaca disini.

Dulu, batik dianggap sebagai sesuatu yang kuno. Yang cocok memakai batik dalah ibu dan bapak kita. Namun hal ini rupanya telah ditanggapapi oleh para pebisnis. Batik modern untuk kalangan muda menjadi titik fokus produksi.

Karena itu, mari kita melestarikan batik kita dengan bangga memakai batik.

 

RTH Surabaya

Surabaya kini mulai indah terhias taman-taman kota,,
Surabaya yang gersang beberapa tahun lalu, telah bermertamofosa menjadi kota yang sedap dilihat.
Taman kota dan air mancur bisa menjadi mediasi untuk pengendara yang telah lelah dengan padatnya lalu lintas.
Ini bisa menjadi penghargaan untuk Dinas Pertamanan Surabaya.

sany0131.jpg                   

     

      sany0126-copy-copy.jpg

Namun jika dilihat lebih jauh, konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) seharusnya berkisar antara  25-30 persen dari luas kota dan berada pada lokasi yang terkumpul, dalam hal ini penanaman pohon dijalan seharusnya tidak dapat dimasukkan dalam RTH.

surabaya-copy.jpg

Dua hutan besar yang terdapat di Surabaya yaitu area kebun binatang Surabaya dan kebun bibit, hampir seluruh area telah penuh oleh bangunan.

Konsep penghijauan ini dimaksudkan sebagai penyeimbang polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Tetapi, sebagaian besar taman kota yang terdapat di Surabaya terdiri dari tanaman semak yang kurang dapat menghasilkan oksigen.

Jadi untuk sementara ini taman-taman kota masih bertujuan sebagai estetis kota, bukan sebagai ekologis.