Trik-trik Menghadapi Sidang Tugas Akhir

 

Artikel berikut ini saya persembahkan untuk kawan-kawan yang hendak menghadapi sidang Tugas Akhir terutama salah seorang sahabat saya yang minggu ini akan menghadapi meja pesakitan. Saya ingin turut membagi pengalaman saya sehingga dapat dijadikan pertimbangan dan pelajaran dalam menghadapi sidang Tugas Akhir. Selamat mencoba.

1. Malam sebelum sidang
    Biasanya, saat sidang terdapat peraturan bahwa kita harus menggunakan pakaian formal. Hal ini harus kita pikirkan, karena pakaian merupakan kesan pertama yang akan diterima oleh penguji. Saran dari saya, gunakanlah pakaian baru, karena pakaian baru bisa memberi tambahan spirit menghadapi hari bersejarah ini. Saya bukan mengajarkan untuk boros, tetapi mempersiapkan semua secara total tentu akan menambah semangat kita menghadapi sidang. (heheheh,,belanja-belanja,,,,)

2. Masukkan semua file-file yang diperlukan untuk sidang ke banyak tempat. Seperti misalnya membawa 10 flasdisk untuk persiapan. Lalu masukkan juga kedalam memory card handphone, bisa juga kedalam ipod anda. Semakin banyak anda mempunyai cadangan data, semakin kecil kemungkinan data anda tertinggal.

3. Bikin catatan-catatan kecil untuk dibaca setiap waktu. Saat kita sidang tentu akan gugup, banyak kata-kata yang terlupa. Jangan sampai hal itu terjadi pada anda. Siapkan catatan-catatan kecil yang dapat anda baca dalam posisi sidang di depan penguji. Seperti membuat catatan dilipatan rok anda, hal ini sangat mujarab, karena ketika anda membuka catatan tersebut, perhatian penguji akan teralihkan, sehingga perbuatan curang anda tidak akan ketahuan. Tapi saran ini hanya ditujukan untuk para wanita, dimohon para pria tidak melakukan. Hal ini bukan karena saya membeda-bedakan gender, tetapi dikarenakan pria tidak menggunakan rok, selain itu jika menggunakan rok, sudah tentu perhatian penguji 100% teralihkan dari acara sidang hari ini.

4. Usahakan datang sebelum jadwal sidang
    Jika anda dijadwalkan sidang pada pukul 10 pagi, maka usahakan datang pada pukul 5 pagi. Hal ini akan menggambarkan anda telah benar-benar siap sidang. Selain itu kemungkinan anda telat juga tidak akan terjadi.

5. Pada saat sidang
    Sambut penguji di depan pintu sidang, hal ini menunjukan antusiasme anda menghadapi sidang. Salami dan genggam erat tangan penguji anda untuk membuktikan bahwa anda siap sidang. Beri senyum 3 jari dan sinaran mata 70 watt. Ini juga merupakan trik-trik memberikan kesan positif kepada penguji.

6. Dalam ruangan sidang
    Ubah interior ruang sidang yang kaku dan memberikan kesan tegang. Siapkan ide-ide spektakuler untuk menghias ruang sidang. Siapkan juga semua koran edisi hari ini. Selain itu snack-snack, minuman, makanan tentu juga dibutuhkan. Hal ini untuk memberikan kesan rileks bagi penguji. Sehingga penguji tidak akan “membantai” anda dengan banyak pertanyaan. Kemungkinan yang terjadi adalah anda dan penguji hanya akan melakukan percakapan persahabatan sambil minum ice capuchino.

7. Pada saat sidang
 Untuk mahasiswa arsitektur seperti saya, tentu membutuhkan animasi 3d dari bangunan untuk menunjukkan bangunan Tugas Akhir kita. Hal itu sudah lumrah, sudah umum. Coba buat animasi 4d untuk penguji dan penonton sidang. Jadi semua penguji dan penonton akan mendapatkan kacamata 4d ketika memasuki ruangan anda. Pergunakan jasa SPG untuk membagi-bagikan kacamata agar tidak mengganggu persiapan sidang anda.

8. Ketika penguji melontarkan pertanyaan yang tidak dapat anda jawab, anda cukup tersenyum manis saja. (sumpah yang ini manjur banget!!) Jangan pura-pura menjawab tetapi malah menunjukkan ketidak-tahuan anda. Saat penguji mulai menerangkan jawabanya, beri mimik seakan anda juga memikirkan jawaban itu. Bisa juga dengan menjentikkan jari telunjuk dan ibu jari anda.

9. Jika penguji memberi pertanyaan yang susah anda jawab lagi, maka coba alihkan penguji dengan menanyakan soal keluarga kepada penguji. Maka cari data tentang penguji sebelum sidang juga dapat anda lakukan.

 

Semoga trik-trik tadi bisa membantu anda dalam menghadapi sidang yang menentukan. Trik-trik tersebut belum teruji secara teknis dan 9 dari 10 orang tidak menerapkan trik-trik tersebut. Terima kasih.

21 thoughts on “Trik-trik Menghadapi Sidang Tugas Akhir”

  1. waow.. tips yang oke dan nggak monoton.. habis ini diedit menjadi 8 dari 10 orang tidak menerapkan trik-trik tersebut.

    paling cepet enam bulan lagi nih saya disidang.. wow..

  2. klo sy si belum pernah ngalamin sidang akhir, krna blum selesai.

    tp pengalamn ini sangat bagus tuk trik wawancara tugas mingguan….

    kul sy sidang akhir hanya di ujikan pas slesai S2….

    hmm…nice advice

  3. waw keren, pas banged wa lagi serius TA gini. cuman yang terakhir ntu kayaknya wa ada sedikit masalah nih. gimana mo bawa bawa keluarga penguji atuuuuuuuuuuttt

  4. tambahan untuk trik no 1…

    kalo bisa beli baju badut yang warna warni, nantinya diharapkan sang penguji akan senang sehingga tidak akan menyerang secara beringas…

    yah paling tidak akan teralihkan perhatiannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s